Satgas SBJ LXI/2012 Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Bonerate

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Satgas SBJ LXI/2012 Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Bonerate .






BONERATE-(IDB) : Satuan Tugas (Satgas) Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXI/2012 menggelar bakti sosial dan pengobatan gratis di Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/9). Operasi SBJ ini dilaksanakan setiap tahun oleh TNI AL, khususnya di daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil dan sudah berlangsung sejak tahun 1980.

Hal ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab TNI AL sebagai komponen bangsa dalam mendukung pembangunan nasional. Selain itu, juga merupakan wujud nyata kepedulian TNI AL terhadap upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir dan pulau-pulau terpencil.

Operasi Bhakti SBJ, pada awalnya merupakan kegiatan murni yang dilaksanakan TNI AL saja. Sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi, operasi SBJ mulai berkembang menjadi kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak lain. Kegiatan ini melibatkan pemerintah daerah, Kementerian Koordinator Bidang Kesra, dan Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan pihak swasta.

Satgas SBJ ini bekerja secara terpadu di wilayah kerja Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makasar dan Lantamal IX Ambon. Digelarnya Operasi Bhakti SBJ ini guna membantu pemerintah daerah dalam rangka pembangunan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kesehatan masyarakat lokal, khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai serta pulau-pulau kecil.

Disamping melakukan pengobatan umum, pengobatan yang dilakukan di KRI dr. Soeharso hari ini, yaitu operasi bedah mayor terhadap pasien penderita struma (gondok), dan operasi bedah minor penderita Lipoma. Sampai berita ini diturunkan, jumlah pasien yang berobat belum bisa dihitung secara keseluruhan.

Selain melakukan pengobatan masal, juga menyerahkan bahan kontak kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) berupa 1 unit net bola voli, 4 bola voli, 2 bola basket, dan 1 keranjang basket serta 1 buah gitar. Kemudian kepada Karang Taruna setempat, juga menyerahkan 4 jaring apung, 4 jaring kantong, 1 Jala ikan, 1 pukat, 20 kitab suci Alqur’an dan 15 Alkitab.

Kegiatan Satgas SBJ ini dititik beratkan pada pelayanan dan penyuluhan kesehatan, bakti sosial dan pelayanan masyarakat. SBJ ini dilakukan dengan menggunakan Kapal Perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990, dari jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim. Bertindak sebagai Komandan Satgas SBJ LXI/2012, Kolonel Laut (P) Herman Prasetyo, yang sehari-hari menjabat Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmatim. 



Sumber : Koarmatim


Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Satgas SBJ LXI/2012 Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Bonerate semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar