Peringatan Ke – 53 Hari Jadi Korps Hiu Kencana

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Peringatan Ke – 53 Hari Jadi Korps Hiu Kencana.






SURABAYA-(IDB) : Tanggal 12 September adalah hari jadi Satuan Kapal Selam. Selama 53 tahun Satuan Kapal Selam telah berbakti kepada nusa dan bangsa. Pada tangga 12 September 1959 bangsa Indonesia memperkokoh kejayaannya  di samudera dengan menghadirkan kapal selam kelas Whiskey yang sangat disegani saat itu. 

Kapal selam pertama tersebut diawaki oleh para prajurit TNI AL yang sebelumnya ditugasbelajarkan ke Polandia selama beberapa bulan hingga mendapatkan brevet kapal selam.   Peristiwa bersejarah ini kemudian menjadi momentum penting yang melatarbelakangi hari jadi Satuan Kapal Selam.

Sejarah mencatat bahwa kita pernah memiliki 12 kapal selam. Secara bertahap kapal-kapal selam tersebut datang memperkuat armada kita. RI Tjakra adalah kapal selam pertama yang masuk armada kita pada tanggal 12 September 1959. Empat kapal selam berikutnya masuk jajaran kita pada tanggal 29 Januari 1962; masing-masing diberi nama: RI Nagabanda, RI Tjandrasa, RI Trisula, dan RI Nagarangsang. Pada tanggal 15 Desember 1962 armada kasel diperkuat oleh RI Widjaja Danu, RI Hendra Jala, RI Bramasta, RI Pasopati, RI Alugoro, dan satu tender kapal selam yang diberi nama RI Thamrin. Selanjutnya, Armada RI diperkuat oleh kapal selam tipe SS 209/1300. Kasel jenis tersebut  datang berturut-turut. KRI Cakra dengan nomor lambung 401 hadir di Indonesia pada tanggal 27 Juli 1981. KRI Nanggala dengan nomor lambung 402 menyusul pada tanggal 9 November 1981.

Pada masa Trikora Satuan Kapal Selam Armada RI telah mampu mewujudkan dirinya menjadi kesatuan yang sangat disegani dan diperhitungkan. Peranannya sangat penting dalam mengembalikan Irian Barat ke  pangkuan NKRI;  menjadi alat untuk mendukung keberhasilan diplomasi bangsa Indonesia terhadap Belanda.

Sampai periode awal tahun 90-an, Indonesia sangat disegani karena satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki armada kapal selam. Pada perkembangan selanjutnya, Singapura dan Malaysia memperkuat armadanya dengan menghadirkan unsur kapal selam. Singapura,  negeri kota itu, telah memiliki  4 unsur kapal selam kelas Sjoormen buatan Swedia, sedang Malaysia kini juga memiliki 2 unsur kapal selam kelas Scorpene buatan Prancis.

Satuan Kapal Selam kita saat ini diperkuat oleh dua kapal selam buatan Jerman, yaitu KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402. Indonesia mulai memesan kapal selam tipe SS 209/1300 ini pada tahun 1977. Kedua kasel ini dibuat oleh galangan kapal Howaldtswerke di Kiel, kawasan Jerman Barat. Pada bulan Juni  1981 KRI Cakra-401 dan KRI Nangggala-402 mulai bertugas memperkuat armada TNI-AL.

Kapal selam memiliki nilai strategis yang sangat tinggi karena karakternya yang sulit dideteksi dan mampu membawa berbagai  jenis senjata, seperti torpedo, ranjau maupun peluru kendali.  Sejarah peperangan laut  membuktikan bahwa hanya kapal selam yang mampu masuk dan menembus jantung pertahanan lawan. Kapal selam dapat menghancurkan sebuah armada tempur  juga dapat menjadi center of gravity Angkatan Laut.

Kapal selam juga merupakan senjata strategis yang kehadirannya memberikan dampak penangkalan yang besar bagi pihak lain. Oleh karena itu, Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum Rabu (12/9) dalam amantanya yang disampaikan oleh Kasarmatim Laksma TNI Darwanto, S.H., M.A.P. pada Upacara Peringatan Hari Lahir ke-53 Satuan Kapal Selam berharap agar program penambahan unsur kapal selam segera dapat direalisasikan. Menurut Pangarmatim, program penambahan kapal selam merupakan upaya mewujudkan kembali kejayaan kekuatan kapal selam seperti pada zaman yang lalu.

Pati TNI AL dengan dua bintang di pundak ini pun berharap agar dalam menyongsong kehadiran kapal selam yang baru, seluruh jajaran keluarga besar Korps Hiu Kencana selalu berupaya meningkatkan kemampuan sehingga memiliki sumber daya manusia yang profesional.

“Dengan profesionalisme yang tinggi maka kita akan mampu mengawaki alutsista tersebut dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi,” tegasnya.

Wira Ananta Rudira...!!! Tabah Sampai Akhir...!!! 



Sumber : Koarmatim


Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Peringatan Ke – 53 Hari Jadi Korps Hiu Kencana semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar