Asia Diambang Perang Karena Sengketa Wilayah

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Asia Diambang Perang Karena Sengketa Wilayah.






BEIJING-(IDB) : China dan negara-negara di Asia lain bisa terjerumus ke dalam perang yang dipicu sengketa wilayah. Ini bisa dipercepat dengan sikap berbagai pemerintahan yang provokatif.
Demikian dikatakan Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta di Tokyo, Minggu (16/9/2012). Panetta memohon kesabaran Asia, terutama terkait sengketa di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

"Saya merisaukan negara-negara yang terlibat sengketa. Jika mereka terjebak aksi provokasi, maka itu meningkatkan kemungkinan salah interpretasi yang merujung pada aksi kekerasan dan selanjutnya berkembang menjadi konflik," kata Panetta. "Dan konflik ini bisa meluas."

Panetta berkunjung ke Jepang untuk menemui mitranya dan juga mitranya di China. Dia juga mengingatkan persaingan ekonomi bisa mendorong aksi perebutan kekayaan sumber daya alam. "Kita akan semakin sering menghadapi isu-isu seperti ini. Masalahnya banyak negara yang terlibat pencarian sumber daya alam," katanya.

Di Laut China Timur ada aksi provokatif yang dilakukan Jepang maupun China. Di Laut China Selatan juga ada aksi provokasi yang dilakukan China berhadapan dengan Vietnam dan Filipina. Korea Selatan dan Jepang juga terlibat aksi provokatif terkait Gugu Kepulauan Dokdo (dalam istilah Korea Selatan) atau Takeshima dalam istilah Jepang. 



Sumber : Kompas


Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Asia Diambang Perang Karena Sengketa Wilayah semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar