Destroyer AL India Kunjungi Kota Pahlawan

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Destroyer AL India Kunjungi Kota Pahlawan.







15 Maret 2012, Surabaya: Kapal Perang Angkatan laut India jenis destroyer INS Ranjit (D53) merapat di Pelabuhan Gapura Surya, Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (15/3).

Kapal INS Ranjit (D53) setibanya di Dermaga disambut dengan Tarian Jejer Jaran Dhawuk dari sanggar tari Rinonce pimpinan I Gusti Ayu Putu V sebagai ajang penyambutan Tamu kehormatan, dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh perwakilan penari kepada Komandan Kapal Perang INS RANJIT (D53) Captain Punit Chadda.

Kapal perang Angkatan Laut India ini merupakan Kapal Perang Kelas Perusak atau Destroyer buatan Inggris tahun 1942 dengan panjang 147 meter, lebar 15,8 meter dan bobot 4.974 ton. Kapal INS Ranjit (D53) dikomandani oleh Captain Punit Chadda dengan ABK berjumlah 320 orang Kapal Perang India yang berjenis Raiput Class Destroyer ini akan berada di Surabaya selama tiga hari dari tanggal 15 s.d. 17 Maret 2012.

Kesinggahan Kapal perang ini dalam rangka muhibah dan melaksanakan bekal ulang logistik. Maksud dan tujuan kunjungan muhibah ini adalah untuk mempererat hubungan antara TNI AL dengan Angkatan Laut India yang sudah berlangsung baik sejak lama. Seperti menyelenggarakan kerja sama Patroli bersama yang diberi nama Patroli Sektor Terkoordinasi (Patkor) INDINDO yang digelar setiap tahunnya di laut Andaman kawasan Barat Indonesia.

INS Ranjit (D53) berangkat dari pelabuhan Angkatan Laut India sejak bulan Februari 2012. Rencananya akan meninggalkan Kota Pahlawan hari Sabtu tanggal 17 Maret 2012 dan akan melanjutkan pelayaran menuju Malaysia dan Filipina.

Beberapa saat setelah merapat di Dermaga Gapura Surya Tanjung Perak Surabaya, Komandan Kapal INS RANJIT (D53) Captain Punit Chada dengan didampingi Athan India dan Staf Kedutaan India melaksanakan kunjungan kehormatan atau Courtesy call (CC) ke Markas Komando Lantamal V dan di sambut oleh Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir I Ketut Suardana didampingi Para Asisten Danlantamal V. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan tukar menukar cinderamata.

Usai kunjungan tersebut, Wadan Lantamal V mengadakan kunjungan balasan ke Kapal Perang buatan tahun 1982 ini.

Selama singgah di Kota Pahlawan Kapal Perang India INS RANJIT (53) akan melaksanakan open ship dengan personel Lantamal V, Selain itu juga melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat wisata yang ada di Jawa Timur. Diharapkan dari kunjungan ini, selain mempererat hubungan antara TNI AL dengan Angkatan Laut India juga sebagai ajang promosi wisata yang ada di Jawa Timur.

Dalam penyambutan Kapal Perang India tersebut hadir, Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) H. Yudho Warsono, Para Kasatker Lantamal V, serta beberapa Pamen dari Satkor Armatim, Atase pertahanan India untuk Indonesia Colonel Sanjeev Langeh. Juga melibatkan Pasukan Deputasi satu unit Satsik Lantamal V, satu Ton Pamen/Pama, satu ton Bintara/Tamtama dan Ton Satsiaga Denma Lantamal.

Sumber: Lantamal V

Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Destroyer AL India Kunjungi Kota Pahlawan semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar