Pangarmatim: Latihan Escapex Mutlak Dilaksanakan Prajurit Kapal Selam

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Pangarmatim: Latihan Escapex Mutlak Dilaksanakan Prajurit Kapal Selam.






SURABAYA-(IDB) : Latihan Submarine Escape Exercise (Escapex) mutlak dilaksanakan oleh seluruh prajurit kapal selam. Demikian ditegaskan oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Agung Pramono SH. M.Hum. Kamis (3/5) disaat meninjau latihan Submarine Escape Esxercise (Escapex) di Diving Tank Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim).

Pada kesempatan itu Pangarmatim juga memberikan penekanan sebelum melaksanakan Ecapex hendaknya didahului dengan pelatihan fisik dan skill yang mampu untuk mendukung program latihan tersebut. Tegas Pangarmatim.

 
Latihan Escapex bagi personel Kapal Selam ini dibuka oleh Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim (Dansatsel Koarmatim) Kolonel Laut (P) Jeffry S. Sanggel, SH. Selasa (1/5). Bertempat di Diving Tank Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim.

Latihan diikuti oleh 31 orang prajurit Satsel Koarmatim, latihan ini merupakan latihan rutin yang dilaksanakan setiap Triwulan guna mempertahankan ketrampilan para prajurit kapal selam disaat mengalami kedaruratan. Berlangsung selama 4 (empat hari) itu melibatkan 10 orang instruktur dari Dislambair.


Dalam latihan tersebut para peserta latihan mendapatkan beberapa materi yang menyangkut kedaruratan kapal selam, materi itu diantaranya adalah peneguhan tentang pengetahuan kesehatan penyelaman, ketahanan di air, prosedur kedaruratan di bawah air serta prosedur penyelamatan diri saat kapal selam mengalami kedaruratan dibawah air.


Dansatsel Koarmatim dalam sambutannya antara lain mengatakan latihan merupakan bagian terpenting dari upaya mempertahankan dan meningkatkan ketrampilan, kemampuan, dan skill, yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia. 

Bagi satuan kapal selam, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu prioritas dari sasaran pembinaan satuan kapal selam, dan bertujuan untuk menghasilkan sosok prajurit profesional yang memiliki etika moral yang sesuai dengan nilai - nilai kejuangan, kepemimpinan, keteladanan, dan keimanan kepada Tuhan yang maha esa”. Tegas Dansatsel Koarmatim.

Dalam latihan tersebut juga di praktekkan penggunaan Submarine Escape Immersion Equipment MK10, yaitu peralatan penolong perorangan yang saat ini terdapat dikapal selam kelas KRI Cakra. Peralatan ini dipergunakan ABK kapal selam meluncur bebas ke permukaan saat kapal selam mengalami kedaruratan di bawah air.


Diakhir latihan. Jumat (4/5) Dansatsel Koarmatim menyerahkan piagam kepada seluruh peserta latihan dan juga sebagai tanda bahwa peserta latihan telah terampil dalam menghadapi kedaruratan yang mungkin terjadi pada kapal selam saat melaksanakan operasi.

Sumber : Koarmatim


Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Pangarmatim: Latihan Escapex Mutlak Dilaksanakan Prajurit Kapal Selam semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar