Israel Beli 30 Pesawat Latih Militer Italia

Di langsir dari blog BETHOROKOLO. Blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI. Kali ini mengupdate artikel tentang Israel Beli 30 Pesawat Latih Militer Italia.






Pesawat jet latih militer M-346 buatan Alenia Aermacchi, Italia
TEL AVIV-(IDB) : Israel menyepakati pembelian 30 pesawat jet latih militer buatan Italia senilai total 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun), Kamis (16/2/2012).

Kesepakatan ini tercapai setelah Italia berjanji akan membalas membeli perlengkapan pertahanan dari Israel dengan nilai yang sama.

Keputusan tahap awal dan masih membutuhkan persetujuan pemerintah dan parlemen Israel mengakhiri persaingan panjang antara Italia dan Korea Selatan (Korsel) dalam memperebutkan kontrak dari Israel ini. Sebelumnya, Korsel menawarkan pesawat latih T-50.

Alasan Israel memilih pesawat jet M-346 buatan pabrikan Alenia Aermacchi dari Italia karena pesawat itu memenuhi "kebutuhan langsung" AU Israel. Selain itu, harganya cocok dan diikuti perjanjian Italia akan membeli perlengkapan pertahanan buatan Israel.

Korsel kecewa

Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Israel Udi Shani mengatakan, perjanjian saling membeli ini memungkinkan Israel membeli pesawat Italia dalam jumlah banyak di tengah kondisi pengetatan anggaran.

Israel akan menggunakan M-346 untuk menggantikan armada pesawat A-4 Skyhawk, yang sudah 40 tahun diandalkan sebagai pesawat latih. Pesawat pertama akan dikirim pada 2014.

Pihak Korsel sendiri mengaku kecewa dengan proses pembelian yang dianggap tidak transparan. Padahal, Korsel juga telah menawarkan pembelian balik sistem antiroket Iron Dome buatan Israel senilai 1,6 miliar dollar AS.

Sumber : Kompas


Sekian blog ngah-ngoh ini memberikan informasi tentang Kabar Militer Indonesia, Update Info Militer Dunia dan Indonesia, Alutsista Militer, Alutsista Negara Indonesia, Alutsista TNI dengan artikel tentang Israel Beli 30 Pesawat Latih Militer Italia semoga bermanfaat. Terimakasih telah membaca blog ngah-ngoh.

0 komentar:

Posting Komentar